Dana Yang Terkumpul   
Muhamad rais bin H.M Yahya    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 50.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
saripin bin samat    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
muhamad lutfi aji a.p bin joko    Rp. 500.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Eman bin Pulan    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Total Dana Rp. 36.267.670

Berita Dan Kegiatan

Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Syawal

Dari Abu Al-Ansyari Rhadiallahu Anhu Rosulallah bersabda yang artinya: "Barang siapa yang berpuasa (di bulan) ramandhan, kemudian dia mengikutinya dengan (pausa sunnah) 6 hari di bulan Syawwal, maka (dia akan mendapatkan pahala) seperti puasa setahun penuh.

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan puasa sunnah 6 hari di bulan syawwal yang mana termasuk karunia agung dari Allah yang diberikan kepada hambanya, dengan kemudian mendapatkan pahala setahun penuh tanpa adanya kesulitan yang berarti. Pahala perbuatan baik akan dilipatgandakan menjadi 10 kali, karena puasa Ramadhan ditambah puasa 6 hari dibulan syawwal menjadi 36 hari, pahala dilipatgandakan 10 kali menjadi 360 hari, yaitu sama dengan satu tahun penuh. Keutamaan ini adalah bagi orang yang telah menyempurnakan puasa ramadhan sebulan penuh dan telah mengqhodonya.

Meskipun demikian, barang siapa yang berpuasa syawwal sebelum membayar utang puasa ramadhan maka puasanya syah. Lebih utama jika puasa 6 hari ini dilakukan berturut-turut dan lebih utama lagi jika puasa ini dilakukan segera setelah hari Raya Idhul Fitri. 

 فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Melakukan puasa syawwal menunjukan kecintaan seorang muslim kepada ibadah puasa dan bahwa ibadah ini tidak memberatkan dan membosankan, dan ini merupakan pertanda kesempurnaan imannya , ibadah-ibadah sunnah lainnya merupakan kekurangan ibadah-ibadah yang wajib.

Maka marilah kita melaksanakan kebaikan puasa di bulan syawal dengan niat untuk mengharap ridho Allah.   

Komentar