Rokok adalah benda beracun yang sangat berbahaya bagi orang yang merokok (perokok aktif) maupun orang yang di sekitar perokok yang bukan perokok..."/> Rokok adalah benda beracun yang sangat berbahaya bagi orang yang merokok (perokok aktif) maupun orang yang di sekitar perokok yang bukan perokok..."> Rokok adalah benda beracun yang sangat berbahaya bagi orang yang merokok (perokok aktif) maupun orang yang di sekitar perokok yang bukan perokok..."> Berita & Event WS
Dana Yang Terkumpul   
Yusliana    Rp. 5.000.000
Yongki Wicaksono    Rp. 100.000
Pak Indra    Rp. 300.000
Pak Amri Djafar Nanggo    Rp. 1.000.000
Pak Isma    Rp. 500.000
Nuryadi    Rp. 100.000
Pak Amri Djafar Nanggo    Rp. 1.000.000
Amy    Rp. 200.000
Jaria    Rp. 425.000
Bunda Sriyatinah    Rp. 1.000.000
Total Dana Rp. 64.542.670

Berita Dan Kegiatan

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Rokok adalah benda beracun yang sangat berbahaya bagi orang yang merokok (perokok aktif) maupun orang yang di sekitar perokok yang bukan perokok (perokok pasif). Merokok merupakan kebiasaan buruk. Orang yang memiliki napas yang pendek, mudah lelah, kemampuan indra penciuman dan pengecap rasa berkurang, iritasi mata, sakit kepala dan pusing. 

Merokok membuat nafsu makan berkurang sehingga merokok dapat menyebabkan kekurangan gizi, pertumbuhan terhambat, dan kecerdasan sulit untuk berkembang. 

Dalam waktu lama, orang yang merokok dapat terkena penyakit TBC, hipertensi, jantung, kerusakan rambut, mata dan gigi, penuaan dini pada kulit, serta kanker paru-paru dan tenggorokan. 

Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif dapat menyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandung nya melalui peredaran darah. Nikotin pada rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat , Sedangkan karbon monoksida pada rokok menyebabkan berkurang nya oksigen yang diterima janin. Anak-anak yang orangtuanya merokok, rentan menderita sesak napas, serta infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Selain itu, anak-anak tersebut mempunyai kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupannya. 

Asap dari rokok yang batu mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali bahan pengiritasi mata dan pernafasan. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalan raya yang macet. 

Beberapa zat didalam rokok yang sangat berbahaya:

1. Nikotin merupakan zat kimia yang bersifat sangat beracun, dapat merusak jantung, dan sirkulasi darah serta bersifat karsinogen karena mampu memicu kanker paru-paru. Nikotin termasuk obat perangsang dan bersifat adiktif (membuat pemakainya kecanduan)

2. Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Tar dapat merusak paru-paru dan menyebabkan kanker.

3. Karbon monoksida (CO) adalah gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah mengikat oksigen. .

Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan, karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. Rokok sama halnya dengan narkoba terselubung. Oleh karena itu, sekarang tergantung kepada diri sendiri. Apakah akan memilih ikut terjerumus kedalamnya atau mampu keluar dari lingkaran maut rokok. Fakta-fakta yang telah dipaparkan seharusnya dapat dijadikan sebagai alasan yg kuat untuk segera berhenti merokok bagi yang telah terperangkap didalamnya dan menghindari terkena pengaruh negatif rokok bagi yg blm terjerumus.

(AAI)

Komentar

© 2017 Wakaf Sejahtera. All Rights Reserved.